16 June 2009

maaf, kita berbeda.

bukan, bukan karena usiamu, jenis kelamin, orientasi, tinggi badan, pola pikir, pola hidup, kepribadian, hanya saja kita berbeda. atau setidak-tidaknya kita sudah berbeda.

mengapa? 
bukan karena waktu, bukan karena zaman, bukan karena tuntuntan, hanya saja kita berbeda.dan hanya perbedaan yang kulihat.

bagaimana bisa?
karena perbedaan telah memisahkan kita. dan kesamaan itu telah hilang. atau mungkin tidak pernah ada.

dimana kesamaan itu hilang? 
disaat perbedaan ini datang dan tersadar bahwa kesamaan itu sudah kutinggal di ujung jalan, perempatan kelima, yang kulewati tadi.

kapan bisa melihatnya kembali? 
tidak dalam waktu dekat ini. tidak dalam waktu mendatang. tidak dalam waktu yang kuinginkan.

apa yang membuat semua ini terjadi? 
perasaan akan perbedaan, hanya itu.

siapa yang membawanya kemari? 
aku dan mungkin kamu. atau mungkin kita berdua membawanya secara bersamaan di awal perkenalan. 

**mengapa semuanya menjadi berbeda ketika perbedaan menjadi keunikan dari setiap individu di muka bumi. ketika keunikan adalah produk massal dari perusahaan-perusahaan kecantikan, ataupun jargon majalah-majalah "ideal". semua yang origins adalah mutlak dan itu unik dan itu lahir di setiap makhluk hidup dan itu berarti kita semua.

**lantas mengapa perbedaan kecil menjadi jurang terjal diantara saya, kamu, kalian, atau siapapun yang menganggap perbedaan sebagai juri/ hakim/ wasit kehidupan yang membedakan suatu kasta dengan yang lainnya, atau suatu kulit dengan kulit yang lainnya, atau suatu kebiasaan dengan kebiasaan lainnya.

**saya mengerti kamu makhluk hedonis, saya mengerti kamu makhluk teokratis, saya mengerti kamu akademisi, saya mengerti kamu teroris, saya mengerti kamu visioner, saya mengerti kamu oportunis, saya mengerti kamu gay, saya mengerti kamu berkulit hitam matang.

 
kita semua sama karena kita sama-sama berbeda.
mungkin, perbedaan kita hanya sebatas subjektifitas akan perbedaan itu sendiri, yang menjadi tolak ukur dari persamaan diantara kita. 







3 comments:

  1. iya kita beda...
    kl sama, ntr ketuker donk...

    -udin-

    ReplyDelete
  2. iya,makanya jangan bedabedain yang beda.haha
    intan

    ReplyDelete
  3. jgn juga nyamain yg sama sama haha...
    (sindrom bgn tdr, *gajelas)

    -udin-

    ReplyDelete